Sinopsis, Unsur Intrinsik, dan Unsur Ekstrinsik Novel Spring in London dan Hikayat Si Miskin

Sinopsis Novel Spring in London karya Ilana Tan
Danny Jo adalah model yang sedang belajar menjadi sutradara, dia memiliki Noona (kakak perempuan) bernama Anna Jo yang dulunya bekerja sebagai model juga namun kemudian terkenal sebagai perancang busana. Danny Jo adalah keturunan Korea dan bernama asli Jo In-Ho. Sebenarnya dia juga punya Hyung (kakak laki-laki) yang bernama Jo Seung Ho, tetapi sudah meninggal 2 tahun yang lalu karena kecelakaan akibat mabuk. Danny Jo yang bersahabat dengan Jung Tae Woo, seorang penyanyi, yang meminta Danny menjadi model music video-nya yang akan disyuting di London.
Di London, Naomi Ishida, seorang model yang sangat sibuk, tinggal satu Flat bersama dengan Julie Humphrey, seorang anak orang kaya yang sedang terjun ke dalam dunia teater dan Christopher Scott, seorang koki yang gay. Naomi tipe orang yang tidak suka tempat yang sunyi, namun juga tak suka keramaian. Naomi membintangi music video seorang penyanyi Korea yang tak lain adalah Jung TaeWoo.
Di lokasi syuting Naomi seperti orang bingung karena dia tidak mengerti bahasa Korea seperti kru lainnya. Hanya sutradara dan seorang penata riasnya yang bernama Yoon yang bisa bahasa Inggris. Yoon memberi tahu Naomi bahwa pasangannya dalam music video tersebut adalah Danny Jo yang membuat Naomi kaget. Saat bertemu pun Naomi sangat takut namun dia berusaha menutupinya walau terbaca oleh Danny, hal itu membuat Danny bingung.
Walau Danny dan Naomi berpasangan di music video tersebut, tetapi mereka hanya syuting bersama pada hari ke-3, hari terakhir syuting. 2 hari awal Danny hanya membantu Sutradara Shin, sutradara terkenal di Korea, sekaligus untuk belajar menjadi sutradara. Danny mendekati Naomi yang selalu membuatnya penasaran.
Naomi pernah hampir pingsan setelah izin pergi saat istirahat makan siang (padahal Naomi membantu membuat keputusan tentang perusahaan Miho, temannya yg orang Jepang). Naomi seorang yang takut sepi tapi saat pulang malam, tidak mau diantar hingga Danny harus mengikutinya diam-diam sampai ke Flat Naomi.
Di hari terakhir mereka syuting, Naomi diajak Danny pergi ke sebuah taman kecil sekaligus menunggu syuting pada siang hari. Hal itu membuat mereka berdua semakin dekat walau Naomi sempat ragu. Miho, teman Naomi kembali dari Korea, Miho mendapat titipan Ginseng dari ibu temannya (yang berniat menjodohkan  anaknya dengan Miho).
Ternyata anak ibu temannya itu adalah Danny Jo. Hubungan Danny dan Naomi dipenuhi intrik seperti pasangan lain yang cemburu, lebih lagi dengan adanya Miho di antara mereka berdua. Danny Juga paham bahwa Naomi tidak suka sepi dan mengerti bahwa terkadang Naomi agak takut terhadap dirinya. Hal pertama yang Danny tahu dari Naomi sendiri adalah Naomi mempunyai saudari kembar bernama Keiko Ishida yang tinggal di Jepang.
Hingga saat pesta atas suksesnya penampilan teater Julie menjadikan hubungan Naomi dan Danny titik balik. Naomi yang tidak suka pesta selalu ditemani Danny. Danny yang melihat Naomi sudah pucat mengajaknya pulang, tapi adanya Dong Min, temannya Hyung-nya Danny. Keiko akan izin pada Julie, tapi saat kembali Keiko malah melihat Danny ngobrol dengan Miho membuat Naomi cemburu. Hingga Naomi memutuskan untuk pulang seorang diri.
Saat mau mengambil jaket di tempat penitipan jaket, Naomi masuk dan juga melihat seorang pria Korea yang tadi berbincang dengan Danny Jo (sebelumnya Dong Min berkata kepada Danny bahwa selera Danny sama dengan Hyung-nya). Dan Dong Min menghimpit Naomi hingga ke loker, Naomi yang takut tak bisa lagi bersuara. Untungnya, Danny datang dan menghajar Dong Min. Naomi yang takut hanya menangis.
Setelah mengantar Naomi pulang ke Flat-nya, Danny pergi ke Hotel tempat Dong Min. Danny minta penjelasan atas ucapannya yang mengatakan Ia dan hyung-nya mempunyai selera yang sama. Dong-Min pun menceritakan bahwa Hyung-nya dulu juga menyukai Naomi, tetapi Naomi sok jual mahal, hingga saat hyung-nya Danny sedang mabuk, Dong Min memberi Naomi minuman yang dicampur obat dan membawa Naomi ke Hotel, lalu menghubungi Hyung-nya Danny. Esok harinya Hyung-nya Danny langsung meninggalkan Naomi. Naas Hyung-nya Danny pun meninggal beberapa hari setelah memperkosa Naomi.
Setelah mendengar cerita itu, Danny menghajar Dong Min lagi. Esok harinya Naomi bersikap sewajarnya hingga Danny datang dan ingin tahu darinya. Naomi yang selalu menutup kejadian kelam yang terjadi padanya bagai masuk kembali saat Danny bertanya. Danny juga akhirnya mengetahui alasan Naomi yang selama ini bersikap dingin padanya. Karena Naomi tahu ia adalah adik dari pemerkosanya.
Hingga Naomi bilang hubungan mereka tak bisa lanjut karena sekarang Danny tahu dan dia melihat Danny seperti melihat hyung-nya, Danny yang kecewa pergi namun meminta Naomi agar percaya padanya.
Lama tidak saling berkomunikasi, Naomi merasa hampa lalu pergi ke taman tempat dia pernah pergi bersama dengan Danny. Kemudian mereka bertemu dan berdamai. Danny mendadak harus kembali ke Korea karena gosip hyung-nya tersebar. Dong Min yang mabuk tidak sengaja membicarakan itu di depan wartawan.
Sebelum berangkat Danny minta Naomi menunggunya. Isu itu akhirnya terdengar oleh Naomi dan membuatnya sedih karena Danny harus menghadapinya sendiri. Naomi memutuskan kembali ke Jepang dan berkata kepada Danny untuk jangan menemuinya dulu.
Dua tahun kemudian, Naomi tinggal di Jepang dengan Keiko, kembarannya. Saat itu dia sedang dilema karena dia dapat tawaran jadi modelnya Anna Jo yang tidak lain adalah noona-nya Danny. Keiko yang sudah tahu semua tentang Naomi dan Danny menyarankan mengambil tawaran pekerjaan tersebut.
Danny sekarang sudah menjadi sutradara, dia dapat tawaran noona-nya untuk menjadi modelnya. Tetapi Danny sempat menolak karena dia akan pergi ke Jepang untuk menemui seseorang, tetapi Noona-nya tetap memaksa. Setibanya Danny di Jepang, Danny langsung menuju ke Flat Naomi yang ada di pinggir kota Tokyo. Saat tiba dia melihat Naomi sedang berjalan mesra dengan seorang pria. Danny yang patah hati kembali ke Seoul.
Tiba hari pemotretan, Naomi yang sudah sampai lebih dulu akhirnya tahu pasangannya adalah Danny Jo. Saat bertemu mereka sempat bersitegang, hingga Danny sadar wanita yang dilihatnya di Jepang adalah kembaran Naomi. Dan mereka kembali bersatu.
  
Unsur Intrinsik Novel
NO
ASPEK
NOVEL
BUKTI
1
Tema
Percintaan, kepercayaan, dan kesetiaan.
2
Penokohan
Danny Jo
Baik
“Tidak perlu khawatir. Dia sangat baik. Oh, dan dia juga tampan. Benar-benar tampan. Kalau kau melihatnya nanti, aku yakin kau akan jatuh pingsan.” (hal 22)


Naomi Ishida
Selalu panik
“Kata Naomi panic sambil berlari ke kamar mandi di samping dapur.” (hal  16)


Christopher Scott
Tidak tertarik pada wanita
“Tetapi sayangnya, Chris tidak tertarik pada wanita.” (hal 17)


Julie Humphrey
Tidak bisa memasak
“Naomi tersenyum memikirkan bagaimana jadinya Julie kalau ia disuruh memerankan koki andal dalam drama. Ia pasti gagal total.” (hal 125)


Yoon
Ramah
“Penata riasnya yang sangat ramah itu meletakkan kotak donat di meja di depan Naomi, membuat Naomi bertanya-tanya apakah ia boleh mengambil sepotong lagi kalau ternyata ia masih belum kenyang.” (Hal 21)


Bobby Shin
Tidak sabar
“Malah Bobby Shin agak tidak sabar ketika danny selalu membuat Naomi kehilangan ekspresi serius yang diinginkannya.” (hal 77)


Miho Nakajima
Ramah, lucu
“Cantik, ramah, lucu, dan tidak pernah kehabisan bahan obrolan.” (hal 93)


Anna Jo
Galak
“Suara Anna yang galak membuat Naomi dan Yoon serentak menoleh ke arahnya.” (hal 224)


Kim Dong Min
Penggemar pesta dan wanita
“Ternyata Kim Dong Min masih sama seperti dulu. Penggemar pesta dan wanita.” (hal 155)


Keiko Ishida
Berpikir rasional
“Tetapi Keiko memang jenis orang yang selalu berpikir rasional.”(hal 218)
3
Alur

Maju
“Keesokan paginya Christopher Scott berdiri di depan jendela dapur dan cemberut menatap langit mendung di luar.” (hal 59)


Pengenalan
Danny Jo dan Naomi Ishida bertemu saat syuting video musik teman Danny Jo. Danny Jo bingung karena Naomi ketakutan saat bersamanya.


Klimaks
Naomi  diserang oleh Kim Dong Min di tempat penitipan jaket. Danny melihat hal itu, mengamuk dan langsung meninju Kim Dong Min. Danny ke hotel tempat  tinggal Kim Dong Min untuk mencari tahu apa yang terjadi antara Seung-Ho (kakak laki-laki Danny Jo) dan Naomi Ishida 3 tahun yang lalu.


Anti Klimaks
Anna Joe menawarkan Naomi dan Danny menjadi modelnya tanpa sepengetahuan mereka berdua.


Penyelesaian
Naomi dan Danny bertemu dan berdamai.
4
Latar
Tempat
Seoul
“Danny berdiri menghadap kaca jendela besar di kantor itu, menatap jalanan Apgujeong-dong di bawah sana.” (hal 9)



London
“Empat puluh lima menit kemudian, Naomi sudah tiba di lokasi syuting untuk hari itu dan sudah duduk di dalam tenda sementara yang didirikan di salah satu sudut Hyde Park, salah satu taman paling terkenal di London, di dekat Sepentine Lake.” (hal 20)



Tokyo
“Taksi yang ditumpangi Danny berhenti di seberang gedung apartemen tua bertingkat dua di pinggiran kota Tokyo.” (hal 219)


Waktu
Pagi hari
“Aku benar-benar tidak sempat sarapan.” (hal 19)



Malam hari
“Sekarang sudah larut dan aku sangat mengantuk.” (hal 146)


Suasana
Ketakutan
“masih diliputi kengerian dan tidak menyadari apa yang sedang terjadi di sekelilingnya, Naomi cepat-cepat merangkak menjauh dan meringkuk di sudut, berusaha memperbaiki pakaiannya yang berantakan dengan tangan yang gemetar hebat sambil terisak keras di luar kendali.” (hal 161)



Sedih
“Memikirkan kemungkinan Danny Jo menderita sendirian membuat sebutir air mata jatuh menuruni pipinya.” (hal 201)



Mencekam
“Tetapi Dong Min masih bisa merasakan aura dingin yang mencekam di udara.” (hal 173)
5
Amanat
·         Semua yang sudah berlalu biarkan saja berlalu.
·         Mencintai seseorang dengan tulus.
·         Mempercayai orang lain.
6
Gaya Bahasa
Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari.
7
Sudut Pandang
Orang ketiga serba tahu karena menggunakan kata “dia”, “ia”, dan menggunakan nama orang.
“Naomi Ishida membuka matanya yang terasa berat, lalu ia mengangkat tangan menutupi mata dan mengerang pelan.” (hal 15)


Unsur Ekstrinsik Novel
1.       Nilai Moral
·         Jangan lari dari masalah
·         Jangan mengingat masa lalu
2.       Nilai Budaya
·         Menghargai budaya Negara lain seperti dalam hal memberi salam
3.       Nilai Sosial
·         Cobalah untuk mempercayai seseorang

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sinopsis hikayat Si Miskin
Karena sumpah Batara Indera, seorang raja keinderaan beserta permaisurinya dibuang dari keinderaan sehingga sengsara hidupnya. Oleh sebab itu ia dikenal sebagai si Miskin.
Setiap hari mereka berkeliling mencari rezeki di Negeri Antah Berantah di bawah pimpinan Maharaja Indera Dewa. Ke manapun mereka pergi selalu diusir penduduk dengan disertai penganiayaan. Malam hari mereka tidur di hutan dan siang harinya mereka berkeliling mencari rezeki.
Ketika isterinya mengandung tiga bulan, ia menginginkan buah mangga yang ada di taman raja. Tapi Si Miskin menolaknya sehingga si isteri semakin keras menangisnya. Kemudian si Miskin menerima permintaannya, tetapi Si Miskin hanya membelikan buah mangga dari pasar sehingga ditolak oleh isterinya. Pada akhirnya dengan rasa takut dan terpaksa ia menghadap raja dan memohon mempelam. Setelah ia mendapatkannya, ia segera pulang dan memberikan mangga itu kepeda isterinya.
Setelah tiba saatnya, lahirlah anak laki-laki pertama mereka yang diberi nama Marakarmah yang arti namanya adalah anak di dalam kesukaran dan diasuhnya dengan penuh kasih sayang.
Pada suatu hari ketika sedang menggali tanah si Miskin mendapat tajau yang penuh berisi emas yang tidak akan habis sampai ke anak cucunya. Dengan takdir Allah, di tempat itu berdirilah sebuah kerajaan komplit dengan perlengkapannya. Kemudian Si Miskin mengganti namanya menjadi Maharaja Indera Angkasa dan isterinya bernama Tuan Puteri Ratna Dewi. Dan negerinya diberi nama Puspa Sari. Tidak lama kemudian, lahirlah anak kedua mereka bernama Nila Kesuma.
Maharaja Indera Dewa menjadi iri hati atas kemasyhuran Negeri Puspa Sari dan kebaikan hati Raja Indera Angkasa. Ketika Maharaja Indera Angkasa mencari ahli nujum untuk meramalkan nasib putera-puterinya, Maharaja Indera Dewa memanfaatkan hal tersebut untuk menghancurkan Negeri Puspa Sari. Atas bujukan jahat Maharaja Indera Dewa, para ahli nujum mengatakan bahwa kelak Marakarmah dan Nila Kesuma akan mendatangkan celaka bagi orangtuanya.
Maharaja Indera Angkasa percaya pada ramalan palsu tersebut dan dengan berat hati ia memerintahkan kedua puteranya pergi selama-lamanya. Sepeninggal putera-puterinya, Negeri Puspa Sari musnah terbakar dan Maharaja Indera Angkasa menjadi miskin kembali.
Sesampainya di tengah hutan, Marakarmah dan Nila Kesuma berlindung di bawah pohon beringin dan mereka menangkap seekor burung untuk dimakan. Ketika Marakarmah mencari api ke kempung, ia disangka seorang pencuri dan ia dipukuli orang banyak, kemudian dibuang ke laut. Nila Kesuma ditemu oleh Raja Mengindera Sari, putera mahkota Palinggam Cahaya, yang pada akhirnya menjadi isteri putera mahkota itu dan bernama Mayang Mengurai.
Nasib Marakarmah dilautan ia terus hanyut dan terdampar di pangkalan raksasa. Di sana ia bertemu dengan Cahaya Chairani (anak raja Cina) yang ditawan oleh raksasa. Mereka berdua mencoba melarikan diri dari pulau itu dengan menumpang sebuah kapal. Nahkoda kapal menginginkan cahaya Chairani sehingga ia mendorong Marakarmah kelaut, kemudian ia ditelan oleh ikan nun yang pada akhirnya terdampar di dekat rumah Nenek Kebayan. Atas petunjuk burung rajawali, Nenek Kebayan mengeluarkan Marakarmah dari perut ikan nun itu. Kemudian Marakarmah dijadikan anak angkat Nenek Kebayan.
Setiap hari Marakarmah membantu Nenek Kebayan menjual bunga yang akhirnya membuat ia bertemu kembali dengan iaterinya Cahaya Chairani. Karena cerita dari Nenek Kebayan tentang Raja Mangindera Sari, tahulah Marakarmah bahwa puteri yang ditemulan Raja Mangindera Sari itu adalah adiknya sendiri, kemudian ia menemui adiknya itu. Lalu ia membunuh nahkoda kapal yang jahat itu.
Selanjutnya Marakarmah mencari ayah bundanya, dan dengan kesaktiannya ia menciptakan kembali kerajaan Puspa Sari seperti dahulu kala. Kemudian ia mengalahkan Negeri Antah Berantah, yang kemudian dipimpin oleh raja Bujangga Indera (saudara Cahaya Chairani).
Akhirnya, Marakarmah pergi ke negeri mertuanya Mercu Indera dan menggantikan mertuanya itu menjadi Sultan Mangindera Sari menjadi raja di Palinggam cahaya.

Unsur Intrinsik Hikayat
NO
ASPEK
HIKAYAT

BUKTI
1
Tema
Hidup yang penuh cobaan
2
Penokohan
Tokoh
Watak



Maharaja Indera Angkasa (Si Miskin)
Mudah terpengaruh
“Maharaja Indera Angkasa percaya pada ramalan palsu tersebut dan dengan berat hati ia memerintahkan kedua puteranya pergi selama-lamanya.” (paragraf 7)


Tuan Puteri Ratna Dewi
Penuh kasih sayang
“Setelah tiba saatnya, lahirlah anak laki-laki pertama mereka yang diberi nama Marakarmah yang arti namanya adalah anak di dalam kesukaran dan diasuhnya dengan penuh kasih sayang.” (paragraf 4)


Maharaja Indera Dewa

“Maharaja Indera Dewa menjadi iri hati atas kemasyhuran Negeri Puspa Sari dan kebaikan hati Raja Indera Angkasa.” (paragraf 6)


Marakarmah
Membantu orang lain
“Setiap hari Marakarmah membantu Nenek Kebayan menjual bunga yang akhirnya membuat ia bertemu kembali dengan iaterinya Cahaya Chairani.” (paragraf 10)


Raja Mengindera Sari
Menolong orang lain
“Nila Kesuma ditemu oleh Raja Mengindera Sari, putera mahkota Palinggam Cahaya, yang pada akhirnya menjadi isteri putera mahkota itu dan bernama Mayang Mengurai.” (paragraf 8)


Nenek Kebayan
Menolong orang lain
“dian ia ditelan oleh ikan nun yang pada akhirnya terdampar di dekat rumah Nenek Kebayan. Atas petunjuk burung rajawali, Nenek Kebayan mengeluarkan Marakarmah dari perut ikan nun itu.” (paragraf 9)


Nahkoda Kapal
Suka perempuan
“Nahkoda kapal menginginkan cahaya Chairani sehingga ia mendorong Marakarmah kelaut, kemudian ia ditelan oleh ikan nun yang pada akhirnya terdampar di dekat rumah Nenek Kebayan.” (paragraf 9)
3
Alur

Maju


Pengenalan
Karena sumpah Batara Indera, seorang raja keinderaan beserta permaisurinya bibuang dari keinderaan sehingga sengsara hidupnya. Itulah sebabnya kemudian ia dikenal sebagai si Miskin.


Klimaks
Maharaja Indera Angkasa percaya pada ramalan palsu kemudian menyuruh kedua anaknya untuk pergi selamanya. Markamah menghadapi banyak cobaan dengan sabar


Anti klimaks
Marakarmah dan Nila Kesuma dapat bertemu kembali


Penyelesaian
Marakarmah mencari orang tuanya dan memulihkan Kerajaan Puspa Sari.
4
Latar
Tempat
Di tengah hutan, di bawah pohon beringin
“Sesampainya di tengah hutan, Marakarmah dan Nila Kesuma berlindung di bawah pohon beringin dan mereka menangkap seekor burung untuk dimakan.” (paragraf 8)


Waktu
Malam hari dan siang hari
“Malam hari mereka tidur di hutan dan siang harinya mereka berkeliling mencari rezeki.” (paragraf 2)


Suasana
Ketakutan
Waktu mencari api ke kampung, karena disangka mencuri, Marakarmah dipukuli orang banyak, kemudian dilemparkan ke laut.” (paragraf 8)
5
Amanat
·         Bersabar atas semua cobaan yang dihadapi
·         Jangan mudah terpengaruh oleh perkataan orang lain
·         Menolong sesame
6
Gaya Bahasa
Menggunakan bahasa Melayu
7
Sudut Pandang
Orang ketiga serba tahu

Unsur ekstrinsik Hikayat
1.       Nilai Moral
·         Bijaksana dalam memutuskan sikap
·         Bersabar dalam menghadapi cobaan
2.       Nilai Budaya
·         Menghormati orang tua
3.       Nilai Sosial
·         Saling menolong sesama kita yang sedang kesusahan
4.       Nilai Agama
·         Percaya kepada Tuhan dan selalu berdoa kepada Tuhan minta petunjuk untuk hidup benar


Perbedaan Unsur Ekstrinsik
NO
NILAI
ASPEK
NOVEL
HIKAYAT
1
Sosial
Interaksi antartokoh
Sifat tokoh tergambar melalui dialog
Sifat tokoh tergambar melalui pikiran tokoh


Kedudukan tokoh dalam kelas masyarakat
Masyarakat biasa
Kerajaan, istanasentris


Dominasi kaum lelaki
Perempuan dan lelaki sama-sama dominan
Lebih dominan lelaki


Pandangan kaum lelaki terhadap perempuan
Menghargai perempuan
Perempuan harus selalu mematuhi lelaki
2
Budaya
Nama-nama tokoh
Nama tokoh disesuaikan dengan nama Negara asalnya
Nama tokoh melayu


Nama-nama tempat
Nama-nama tempat yang sekarang ada
Nama tempat tidak diketahui


Sikap dan pandangan hidup tokoh
Sederhana
istanasentris
3
Ekonomi
Pekerjaan tokoh
Mempunyai pekerjaan tetap
Tidak mempunyai pekerjaan tetap

Irene Agustini

XI IPA 2 / 16

Popular posts from this blog

PENGAMATAN SEL TUMBUHAN & PLASMOLISIS

Perjuangan Kemerdekaan Indonesia secara Fisik dan Diplomasi