Tugas TIK

Soal :
1.      Sebutkan media-media yang biasa digunakan untuk menyambungkan sebuah komputer ke Internet!
2.      Sebutkan alat yang memungkinkan banyak komputer dalam jaringan lokal dapat tersambung ke satu saluran komunikasi ke Internet!
3.      Berapa kbps-kah 10MBps?
4.      Mungkinkah kita membuat sebuah router dari sebuah komputer? Apa alternatif perangkat lunak yang dapat digunakan?
5.      Jelaskan perbedaan kabel ethernet atau kabel LAN dengan kabel telepon.
6.      Berapa kecepatan maksimum sebuah jaringan lokal menggunakan LAN?
7.      Jelaskan perbedaan HotSpot dengan WiFi!
8.      Sebutkan nama alat yang di gunakan untuk memasang konektor pada kabel jaringan/kabel LAN!
9.      Sebutkan nama card yang dapat digunakan di komputer untuk tersambung ke jaringan lokal!
10.  Sebutkan kepanjangan dari Modem dan jelaskan!


Jawaban :
1.      Menggunakan modem dial-up. Pada teknik dial-up, modem dipasang di komputer, baik di dalam maupun di luar kotak komputer. Melalui komputer tersebut, kita dapat menelepon tempat akses Internet.
Menggunakan handphone. Dengan semakin maraknya penggunaan handphone di Indonesia, Internet melalui handphone juga semakin marak. Hampir semua operator selular di Indonesia memberikan akses Internet sebagai layanan tambahan di jaringan selular mereka. Secara umum ada dua (2) teknologi, yaitu, GPRS dan 3G.
Menggunakan Wireless, atau WiFi, atau HotSpot. Pada saat ini kebanyakan laptop yang di jual di pasaran telah mempunyai peralatan Wireless Internet atau lebih di kenal WiFi. Dengan peralatan WiFi yang ada kita dapat langsung terhubung ke jaringan Interent di tempat-tempat yang tersedia akses WiFi atau dikenal sebagai HotSpot.

2.      Alat yang memungkinkan banyak komputer dalam jaringan lokal dapat tersambung ke satu saluran komunikasi ke internet yaitu : Modem ADSL, Wireless Internet (seperti Wajanbolic), Satelit, Router.

3.      10MBps=10.000kbps

4.      Tidak mungkin, karena sebuah komputer menerima sinyal internet dari sebuah router

5.      Kabel LAN (CAT 5/6) punya bandwidth yang lebih besar dibanding kabel telepon (CAT 1/2/3). Semakin besar bandwidth maka daya tampung untuk paket data (termasuk voice & multimedia) semakin besar.
Dulu, kabel telepon digunakan untuk modem dial up, tapi kecepatan paket data (internet) yg diperoleh terbatas, tergantung dari kecepatan modem dial up nya (maksimal 56 Kbps). Sekarang, dengan perkembangan teknologi, dikembangkan kabel UTP/STP (kabel LAN) yg punya daya tampung paket data jauh lebih besar, dalam hitungan kecepatan transfer data Mbps.

7.      HotSpot yaitu daerah/ruangan yang memiliki akses WiFi ke Internet. Sedangkan WiFi (Wireless Fidelity) yaitu teknologi Internet menggunakan radio kecepatan tinggi.

8.      Nama alat yang digunakan untuk memasang konektor pada kabel LAN
             1. Kabel LAN/UTP
Kabel UTP adalah kepanjangan dari Unshielded Twister Pair yang merupakan kabel jaringan yang sering digunakan untuk LAN karena selain harganya lebih murah, pemasangannya juga lebih praktis dengan kabel jaringan yang lainnya.
2. Kepala konektor RJ 45
Kepala konnektor yang kita gunakan adalah jenis konnektor RJ 45 sebanyak , ada beberapa criteria konektor yang bagus dan yang baik untuk jaringan yaitu, plastic konektornya yang keras, memiliki pengait yang elastis, dan kuningannya yang timbul ke luar.
3. Tang penjepit Crimping Tools
Anda harus mempunyai tang khusus yang di buat untuk memasang konektor ke kabel UTP, nama lainnya adalah crimping tool. Alat ini gunanya untuk ‘mematikan’ atau ‘menanam’ konektor ke kabel UTP. Jadi sekali sudah di ‘tang’, maka konektor sudah tidak bisa dicopot lagi dari kabelnya.
4. Cutter (bila perlu)
Cutter ini digunakan untuk memotong jaket kulit pada kabel UTP, sehingga bila seandainya kabel masuk kedalam konektor terlihat rapi dan dapat kuat bila terjepit pada konektor.
5. Lan Tester/Multimeter
Multimeter atau Lan Tester ini meruoakan suatu alat yang berfungsi mengetes kabel LAN untuk mengetahui kabel LAN yang kita pasang dalam keadaan yang bagus atau tidak.

9.      Kartu jaringan Wireless:
·           Kartu jaringan USB wireless-B yang beroperasi berdasarkan standard Wireless 802.11B dan bekerja dengan kecepatan maksimum 11 Mbps menggunakan frequency band 2,4 GHz, berbagi jaringan dengan kapasitas keluaran secara real sampai 7 Mbps. Mempunyai jangkauan yang bagus tapi mudah dipengaruhi oleh interferensi radio.
·           Kartu jaringan USB wireless-G yang beroperasi berdasarkan standard Wireless 802.11G dan bekerja dengan kecepatan maksimum 54 Mbps, yang merupakan pengembangan dari versi 802.11b. Ada beberapa model yang menggunakan technology wireless-G ini yang dipercepat dengan ditambah teknologi MIMO yang bisa menghasilkan kecepatan sampai 180 Mbps ideal.
·           Kartu jaringan USB wireless-N yang menggunakan standard technology wireless paling cepat saat ini yaitu draft 802.11N. walaupun masih draft (belum final) akan tetapi hampir semua pabrik pembuat piranti wireless mengadopsi technology ini. Anda tidak perlu khawatir masalah compatibility dari standard wireless-N ini karena setiap produk wireless-N yang lulus uji certifikasi “Wi-Fi Certified” berarti dia sudah teruji kompatibilitynya dengan jaringan standard sebelumnya 802.11B/G. biasanya ditandai dengan tanda certifikasi “Wi-Fi Certified”. Jenis USB adapter wireless ini biasa digunakan baik untuk komputer desktop maupun notebook. Gambar berikut ini menunjukkan beberapa model kartu jaringan USB dan tanda certifikasi “Wi-Fi Certified” baik untuk wireless-G (yang compatible dengan wireless-B) maupun yang untuk wireless-N (yang compatible dengan wireless-B/G).

10.  Modem : Modulator-Demodulator. Modem digunakan sebagai alat untuk merubah data dari bentuk analog atau sebaliknya dari analog ke digital.

Oleh: Irene Agustini

Daftar Pustaka:



Popular posts from this blog

PENGAMATAN SEL TUMBUHAN & PLASMOLISIS

Sinopsis, Unsur Intrinsik, dan Unsur Ekstrinsik Novel Spring in London dan Hikayat Si Miskin

Perjuangan Kemerdekaan Indonesia secara Fisik dan Diplomasi